PEDOMAN WAWANCARA (INTERVIEW)
Responden : DODO
DARSONO, S.Pd
JAWABAN :
1. Langkah kepala Madrasah dalam melakukan
pembinaan Mental dan pembinaan Moral :
-
Memberikan sikap teladan kepada seluruh Tenaga
Pendidik, karyawan dan Peserta Didik
-
Sosialisasi Tata Tertib Madrasah kepada seluruh
Tenaga Pendidik, karyawan dan Peserta Didik.
-
Penegakan disiplin kepada seluruh Tenaga
Pendidik, karyawan dan Peserta Didik.
-
Pembagian dan pemberian tugas tambahan kepada
Tenaga Pendidik yang disesuaikan kebutuhan Madrasah dan kemampuanya.
-
Pemberian riwed dan punismen kepada seluruh
Tenaga Pendidik, karyawan dan Peserta Didik.
-
Adanya rapat rutin bulanan.
-
Menjaga dan meningkatkan kwalitas komunikasi
dengan seluruh Tenaga Pendidik, karyawan dan Peserta Didik.
2.
Proses
penyusunan Rencana Kegiatan Sekolah dan Pengembangan Organisasi :
-
Adanya Rapat Awal Tahun Pelajaran
-
Penyusunan Rencana Strategis dan Rencana
Operasional Sekolah
-
Penyusunan Program Kerja pada seluruh Pembantu
Kepala Sekolah (PKS), Wali Kelas, Pembina Ekstra Kurikuler dan Karyawan.
-
Pembuatan RAPBS (Rencana Anggaran Pendapatan dan
Belanja Sekolah)
3. Peran Kepala Sekolah dalam pengelolaan
Kurikulum, Kesiswaan, Keuangan Saran dan Prasarana :
-
Pemberian kewenangan kepada pengelolaan
Kurikulum, Kesiswaan, Keuangan, Saran dan Prasarana untuk mengelola dan
mengembangkan Bidangnya masing-masing.
-
Memberian kontrol terhadap pengelolaan
Kurikulum, Kesiswaan, Keuangan, Saran dan Prasarana dalam pengelolaan dan
pengembangannya dalam bentuk laporan setiap selesai kegiatan yang telah
dilaksanakan.
4. Supervisi yang dilakukan Kepala Sekolah :
-
Supervisi dilakukan secara terprogram dan terjadwal
-
Adanya evaluasi setiap selesai kegiatan
supervise.
5. Kemampuan Kepala sekolah dalam melakukan
inovasi dan memberikan motivasi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran :
-
Proses pembelajaran disesuaikan dengan
Undang-undang dan Kurikulum yang digunakan (KTSP dan Kurikulum 2013).
-
Pemenuhan sarana dan prasarana kegiatan
pembelajaran secara bertahap.
-
Menjadwalkan dan melaksanakan workshop.
-
Mengikut sertakan Tenaga Pendidik dalam kegiatan
yang bersifat peningkatan wawasan dan
ketrampilan sebagai tenaga pendidik.
6. Penyelenggaraan guru dalam kegiatan
pembelajaran untuk membuat siswa aktif :
-
Memberikan pengetahuan wawasan dan motivasi
tentang manfaat setelah mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
-
Menggunakan methode pembelajaran yang
disesuaikan dengan materi yang disampaikan.
-
Siapkan pertanyaan-pertanyaan yang menantang.
7. Apakah guru mengampu ekstrakurikuler untuk
mengembangkan bakat siswa?
-
Ya. Karena semua guru mengampu ekstrakurikuler.
8. Apakah guru selalu mengembangkan validitas
dan relevansi materi ketika Bapak/Ibu memilih materi pembelajaran untuk siswa ?
-
Ya, tetapi tetap sebagai acuan dalam
pengembangan pembelajaran adalah silabus dan RPP yang disesuaikan dengan
kurikulum yang berlaku
9. Kiat guru untuk mengembangkan materi
pembelajaran yang disajikan di kelas :
-
Penggunaan methode pembelajaran yang tepat
dengan materi yang disampaikan
-
Penggunaan bahan ajar lebih dari satu
sumber/buku.
-
Penggunakan / pemanfaatan alat peraga yang
berada di lingkungan, kehidupan sehari-hari
10. Acuan yang digunakan guru untuk menentukan
materi pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran :
-
Undang-undang tentang pendidikan
-
Kurikulum yang digunakan
-
Kalender Pendidikan
-
Silabus
-
RPP
-
LKS
11. Bagaimana guru menyusun materi pembelajaran
yang akan digunakan dalam pembelajaran di kelas.
Sebelum menyusun materi
pembelajaran di kelas, guru harus memperhatikan :
-
Undang-undang tentang pendidikan
-
Kurikulum yang digunakan
-
Kalender Pendidikan
-
Silabus
-
RPP
-
Tingkat kemampuan siswa yang akan menerima
pelajaran, yang terkadang tiap siswa dan kelas berbeda-beda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar