Rabu, 16 Desember 2015

WAWANCARA KINERJA KEPALA SEKOLAH





PEDOMAN WAWANCARA (INTERVIEW)
Responden : DODO DARSONO, S.Pd
JAWABAN :
1.       Langkah kepala Madrasah dalam melakukan pembinaan Mental dan pembinaan Moral :
-          Memberikan sikap teladan kepada seluruh Tenaga Pendidik, karyawan dan Peserta Didik
-          Sosialisasi Tata Tertib Madrasah kepada seluruh Tenaga Pendidik, karyawan dan Peserta Didik.
-          Penegakan disiplin kepada seluruh Tenaga Pendidik, karyawan dan Peserta Didik.
-          Pembagian dan pemberian tugas tambahan kepada Tenaga Pendidik yang disesuaikan kebutuhan Madrasah dan kemampuanya.
-          Pemberian riwed dan punismen kepada seluruh Tenaga Pendidik, karyawan dan Peserta Didik.
-          Adanya rapat rutin bulanan.
-          Menjaga dan meningkatkan kwalitas komunikasi dengan seluruh Tenaga Pendidik, karyawan dan Peserta Didik.

2.       Proses penyusunan Rencana Kegiatan Sekolah dan Pengembangan Organisasi :
-          Adanya Rapat Awal Tahun Pelajaran
-          Penyusunan Rencana Strategis dan Rencana Operasional Sekolah
-          Penyusunan Program Kerja pada seluruh Pembantu Kepala Sekolah (PKS), Wali Kelas, Pembina Ekstra Kurikuler dan Karyawan.
-          Pembuatan RAPBS (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah)

3.       Peran Kepala Sekolah dalam pengelolaan Kurikulum, Kesiswaan, Keuangan Saran dan Prasarana :
-          Pemberian kewenangan kepada pengelolaan Kurikulum, Kesiswaan, Keuangan, Saran dan Prasarana untuk mengelola dan mengembangkan Bidangnya masing-masing.
-          Memberian kontrol terhadap pengelolaan Kurikulum, Kesiswaan, Keuangan, Saran dan Prasarana dalam pengelolaan dan pengembangannya dalam bentuk laporan setiap selesai kegiatan yang telah dilaksanakan.

4.       Supervisi yang dilakukan Kepala Sekolah :
-          Supervisi dilakukan secara terprogram dan terjadwal
-          Adanya evaluasi setiap selesai kegiatan supervise.

5.       Kemampuan Kepala sekolah dalam melakukan inovasi dan memberikan motivasi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran :
-          Proses pembelajaran disesuaikan dengan Undang-undang dan Kurikulum yang digunakan (KTSP dan Kurikulum 2013).
-          Pemenuhan sarana dan prasarana kegiatan pembelajaran secara bertahap.
-          Menjadwalkan dan melaksanakan workshop.
-          Mengikut sertakan Tenaga Pendidik dalam kegiatan yang bersifat peningkatan wawasan  dan ketrampilan sebagai tenaga pendidik.

6.       Penyelenggaraan guru dalam kegiatan pembelajaran untuk membuat siswa aktif :
-          Memberikan pengetahuan wawasan dan motivasi tentang manfaat setelah mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
-          Menggunakan methode pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang disampaikan.
-          Siapkan pertanyaan-pertanyaan yang menantang.

7.       Apakah guru mengampu ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat siswa?
-          Ya. Karena semua guru mengampu ekstrakurikuler.



8.       Apakah guru selalu mengembangkan validitas dan relevansi materi ketika Bapak/Ibu memilih materi pembelajaran untuk siswa ?
-          Ya, tetapi tetap sebagai acuan dalam pengembangan pembelajaran adalah silabus dan RPP yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku

9.       Kiat guru untuk mengembangkan materi pembelajaran yang disajikan di kelas :
-          Penggunaan methode pembelajaran yang tepat dengan materi yang disampaikan
-          Penggunaan bahan ajar lebih dari satu sumber/buku.
-          Penggunakan / pemanfaatan alat peraga yang berada di lingkungan, kehidupan sehari-hari

10.   Acuan yang digunakan guru untuk menentukan materi pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran :
-          Undang-undang tentang pendidikan
-          Kurikulum yang digunakan
-          Kalender Pendidikan
-          Silabus
-          RPP
-          LKS

11.   Bagaimana guru menyusun materi pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran di kelas.
Sebelum menyusun materi pembelajaran di kelas, guru harus memperhatikan :
-          Undang-undang tentang pendidikan
-          Kurikulum yang digunakan
-          Kalender Pendidikan
-          Silabus
-          RPP
-          Tingkat kemampuan siswa yang akan menerima pelajaran, yang terkadang tiap siswa dan kelas berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar